Format Penulisan

Petunjuk Penulisan Naskah

Naskah diketik dengan program Microsoft Word dan gambar dalam format JPEG, tabel diketik pada lembar terpisah, diberi nomor urut dan judul.Naskah diketik menggunakan 2 spasi (kecuali abstrak: 1 spasi) dengan Times New Roman ukuran huruf 11. Margin atas, bawah, kanan 3 cm dan kiri 4 cm. Setiap naskah minimal 10 dan maksimal 20 halaman ukuran kuarto.Naskah disusun dengan format sebagai berikut:

1. Judul

Harus ringkas dan informatif, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Judul tidak lebih dari 14 kata (10-14 kata).

2. Identitas penulis

Berisi nama lengkap penulis (dihindari penggunaan singkatan) dan dibubuhi angka Arab secara berurutan untuk keterangan tentang penulis (bila lebih dari satu penulis). Alamat penulis ditulis lengkap dan disertai dengan nomor fax atau email.

3. Abstrak

Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, maksimal 300 kata dengan 5 kata kunci. Abstrak diketik 1 spasi dan terdiri dari satu paragraf.

4. Pendahuluan

Berisi latar belakang yang memuat arti penting dan tujuan penelitian, dan diakhiri dengan kegunaan dan/atau harapan hasil penelitian.

5. Materi dan Metode

Ditulis tanpa subjudul materi dan subjudul metode. Bahan dan peralatan dijelaskan tentang nama pabrik pembuat, nama kimia dan nama dagang. Cara penelitian ditulis secara singkat dan disertai cara analisis.

6. Hasil dan Pembahasan

Diuraikan secara rinci dan jelas, diakhiri kesimpulan penelitan pada alinea terakhir.

7. Ucapan Terimakasih

Jika diperlukan, yang dicantumkan adalah lembaga/perorangan yang benar-benar membantu sehingga penelitia dapat berlangsung.

8. Cara sitasi

Menuliskan nama penulis dan tahun. Penggunaan kata penghubung untuk 2 penulis dengan kata dan atau and, dan 3 penulis atau lebih dengan dkk. Atau et al, tergantung dari bahasa artikel yang digunakan.

9. Daftar Pustaka

Menurut abjad tanpa nomor urut, nama jurnal harus disingkat sesuai dengan aturan internasional yang berlaku. Tahun pustaka sebaiknya paling lama 5-10 tahun terakhir. Pustaka acuan berupa buku dibatasi hanya 20% dari total daftar pustaka.

Baca Scientific Paper >>

About us

KIMVET adalah konferensi yang mewadahi peneliti-peneliti untuk mempresentasikan dan mendiskusikan penelitian dengan tema ONE HEALTH. Pemakalah yang mengikuti KIMVET akan memperebutkan trofi juara 1, 2 dan 3 dan mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah. Selain itu pemakalah mendapatkan sertifikat dan makalah akan dimuat dalam jurnal sains veteriner.

Kontak kami

VSC, Fakultas Kedokteran Hewan
Universitas Gadjah Mada
Bulaksumur, Yogyakarta 55281
P: 087771884950
E: kimvetnas@gmail.com


Follow us