Tema

ONE HEALTH

“Animal Human Nature”

Konsep One Health merupakan kolaborasi multi disiplin dan multisektoral dalam mengantisipasi sekaligus menangani penyakit pandemic dan penyakit zoonosis. Konsep yang digulirkan oleh WHO ini diciptakan untuk menjalin kemitraan antara dokter dan dokter hewan.

Melalui konsep One Health, penyakit infeksi yang ditularkan dari interaksi manusia dan hewan, atau sebaliknya, dapat diatasi secara intensif lebih awal. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti dokter, dokter hewan, perawat, ahli kesehatan masyarakat, ahli ekologi dan ilmuwan sosial. Konsep ini akan mendorong kerja sama yang lebih baik antara akademisi, industri, dan pemerintah. Kerja sama mencakup pengembangan pencegahan, pengobatan, dan edukasi penyakit lintas spesies.

Salah satu sasaran konsep One Health adalah mengintegrasikan sistem pendidikan di lingkup perguruan tinggi, khususnya jurusan kedokteran, kedokteran hewan dan kesehatan masyarakat. Upaya ini juga dimaksudkan untuk mengimbau peningkatan komunikasi lintas disiplin melalui seminar, jurnal maupun kuliah. Sehingga diharapkan dapat berkomunikasi dan saling bekerja sama dalam memecahkan masalahmenangani penyakit pandemic dan penyakit zoonosis. Sebab mengatasi penyakit nyatanya tidak hanya sekadar pengobatan, tetapi juga paham lingkungan danpencetusnya.Dengan konsep ini, para mahasiswa akan terbiasa berfikir dan bekerja sama dengan bidang lain. Dengan kerja sama, penanganan penyakit berbasis hewan akan lebih cepat dan efisien.


Alur Pendaftaran Online

About us

KIMVET adalah konferensi yang mewadahi peneliti-peneliti untuk mempresentasikan dan mendiskusikan penelitian dengan tema ONE HEALTH. Pemakalah yang mengikuti KIMVET akan memperebutkan trofi juara 1, 2 dan 3 dan mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah. Selain itu pemakalah mendapatkan sertifikat dan makalah akan dimuat dalam jurnal sains veteriner.

Kontak kami

VSC, Fakultas Kedokteran Hewan
Universitas Gadjah Mada
Bulaksumur, Yogyakarta 55281
P: 087771884950
E: kimvetnas@gmail.com


Follow us